Friday, September 9, 2011

Jumlah Unduhan Aplikasi Android akan Lampaui App Store


Berdasarkan hasil riset dari sebuah firma penelitian bernama Ovum, Android diprediksi akan melampaui Apple dalam jumlah unduhan aplikasi untuk pertama kalinya di tahun 2011 ini. Unduhan aplikasi berbasis Android akan mencapai 8,1 miliar sementara untuk aplikasi berbasis iOS mencapai 6 miliar.

Angka perkiraan ini berarti jauh di atas angka unduhan aplikasi dari kedua platform di tahun 2010 lalu. Aplikasi untuk perangkat iOS di tahun 2010 diunduh 2,7 miliar kali, sementara untuk platform Android sebanyak 1,4 miliar kali. Ovum juga memperkirakan bahwa total jumlah aplikasi yang diunduh akan naik 144% pada tahun 2011 ini.


Nick Dillon, analis Ovum mengatakan bahwa keinginan konsumen untuk memakai aplikasi di perangkat bergerak mereka akan terus berlanjut. Dalam jangka panjang, tren ini juga akan positif karena konsumen terus berusaha memakai aplikasi untuk menambah fitur-fitur baru di ponsel mereka dan untuk mengakses layanan favorit.

Lonjakan Android ini dipicu oleh makin populernya platform ini. Android juga makin terkenal karena toko aplikasi seperti GetJar dan Amazon telah memberikan pilihan program alternatif bagi platform tersebut selain Android Market. Sedangkan Apple, yang mengawali penyediaan aplikasi mobile terpusat melalui App Store, tidak bisa melakukan diversifikasi namun masih tetap memimpin dalam angka nilai aplikasi yang disediakan.

Ovum mengatakan bahwa iPhone akan terus mendominasi pasar untuk aplikasi berbayar dengan perkiraan pendapatan mencapai 2,86 miliar dolar di tahun 2016, di atas angka 1,5 miliar dolar yang diraih Android. Nilai penjualan Apple ini masih unggul meskipun pada saat itu Android diperkirakan telah menguasai 2/3 unduhan aplikasi global, yaitu sebanyak 21,8 miliar kali dibandingkan hanya 11,6 miliar unduhan di perangkat berbasis iOS.

Meski makin meningkat namun Ovum juga mengatakan bahwa akan semakin sulit bagi sebuah aplikasi untuk menjadi populer. Pengguna akan lebih selektif, bahkan para konsumen yang berpengalaman akan semakin tidak ingin untuk membayar harga premium kecuali untuk aplikasi yang harus dimiliki.


sumber: bZone.us

0 comments:

Post a Comment